Kamis, 01 Maret 2012

Tugas Pengembangan Seni dan Budaya PAI Kelompok 3

NamaAnggota:
1.      Sabilla Rosydi              (09410090)
2.      Ridwan Sularjo             (09410096)
3.      Tyas Akbar Gumilar    (09410097)
4.      Muhammad Mansur    (09410098)
5.      Andi Arwantono           (09410079)
6.      Barid Muntaha            (09410106)

A.  7 Unsur Budaya Di Di Desa Selomartani, Kalasan, Sleman
1.      Kesenian
Di desa Selomartani, Kalasan, Sleman terdapat berbagai  kesenian yang lebih kental dengan kesenian islam misalanya:
a.       Kesenian Hadroh
b.      Sholawatan
2.      Sistem religi
Terdapat kegiatan-Yasinan, Pengajian Thoriqoh
3.      Sistem mata pencaharian
Kebanyakan dari masyarakjat di desa Selomartani, Kalasan, Sleman mempunyai mata pencaharian sebagai petani/ bercocok tanam.
4.      Sistem peralatan hidup
Peralatan yang digunakan di desa Selomartani, Kalasan, Sleman adalah berupa peralatan yang mendukung kesenian tersebut, berupa seperangkat alat hadroh, buku pedoman kegiatan yasinan dan thoriqohan.
5.      Sistem organisasi sosial
Masyarakat di desa Selomartani, Kalasan, Sleman mempunyai organisasi sosial berupa kumpulan ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas pengajian Muslimatan.
6.      Sistem pengetahuan
Di desa Selomartani, Kalasan, Sleman terdapat berbagai macam lembaga pendidikan untuk menunjang pengetahuan di kawasan tersebut, antara lain: Pesantren, TPA, Madrasah Ibtidaiyah, dan Madrasah Tsanawiyah
7.      Sistem bahasa
Di desa Selomartani, Kalasan, Sleman masyarakat menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia sebagai bahasa keseharian.

B.  Perbandingan definisi seni budaya islam menurut Quraisy Shihab dan Seyyed Hossein Nasr
1.      Pengertian Seni Budaya Islam menurut M. Quraish Shihab
Ekspresi tentang keindahan wujud dari sisi pandangan Islam tentang alam, hidup dan manusia yang mengantar menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan (sesuai cetusan fitrah)
2.      Pengertian Seni Budaya Islam menurut Seyyed Hossein Nasr
Seni Budaya Islam adalah keahlian mengekspresikan ide dan pemikiran estetika dalam penciptaan benda, suasana atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah dengan berdasar dan merujuk pada al-Qur`an dan Hadits

Dari pengertian seni budaya islam diatas, terdapat perbedaan diantara definisi seni budaya islam menurut M. Quraish Shihab dan Seyyed Hossein Nasr. Pada definisi seni budaya islam menurut M. Quraish Shihab, seni budaya islam lebih dititikberatkan pada wujud dari sisi pandangan Islam tentang alam, hidup dan manusia. Sedangkan menurut Seyyed Hossein Nasr definisi seni budaya islam lebih dititik beratkan pada ide dan pemikiran estetika yang diekspresikan melalui penciptaan benda, suasana atau karya dengan merujuk pada al-Qur`an dan Hadits.
Dari perbandingan diatas, dapat kami simpulkan bahwa seni budaya islam yang terdapat di Di desa Selomartani, Kalasan, Sleman lebih condong kepada pengertian seni budaya islam menurut Seyyed Hossein Nasr, karena kesenian yang terdapat disana berupa ide dan pemikiran yang menjadi kebiasaan masyarakat dalam wujud seni hadroh, yasinan, pengajian muslimatan, dan lain-lain.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar