Kamis, 01 Maret 2012

TUGAS KELOMPOK 1


TUGAS “PENGEMBANGAN BUDAYA DAN SENI DALAM PAI”
Kelas / Kelompok : PAI-B / 1 (Satu)
Anggota : 1. Yhulis                 (09410043)
2. Della Herawati   (09410052)
3. Novan Adi Putra
4. Ahmad Mubarok
5. Sri Sunarty
6. Qisty Alina

Ø  TUJUH UNSUR BUDAYA DALAM MASYARAKAT : NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA

a.    Kesenian
Kesenian yang mendominasi di daerah ini adalah kesenian Jatilan dan Hadroh. Untuk daerah-daerah terpencil biasanya masih terdapat kesenian Nasyidariah. Di daerah ini juga terdapat tradisi saparan yang di dalamnya terdapat pertunjukan seni wayang, karawitan, band, dangdut, drumband.

b.    Sistem Realigi
Sistem realigi di masyarakat ini didominasi oleh masyarakat muslim dan beberapa kaum minoritas beragama hindu, kristen, dan katholik. Rasa beragama masyarakat muslim di daerah ini tergolong kuat karena kegiatan-kegiatan keagamaan di daerah ini mendapat perhatian khusus dari pihak pemerintah setempat.

c.    Sistem Matapencaharian
Sistem matapencaharian di daerah ini didominasi sebagai petani dan pekerjaan sampingan lain sebagai pencari pasir, pedagang, kuli bangunan dan lain sebagainya. Ada pula yang bermatapencaharian sebagai pegawai negeri.

d.   Sistem Peralatan Hidup
Sistem peralatan hidup di masyarakat ini lebih dominan menggunakan peralatan-peralatan yang berasal dari batu atau tanah liat, contohnya : cobek, lumpang, keren/pawon/tempat pembakaran, dan lain sebagainya. Untuk peralatan yang tergolong modern, biasanya menggunakan kompor gas atau kompor minyak sebagai alat memasak.
Untuk peralatan memasak biasanya menggunakan bahan dari logam, seperti : pisau, wajan, soblok, panci, dan lain sebagainya. Untuk kawasan daerah-daerah tertinggal masih menggunakan benda-benda dari tanah liat untuk peralatan memasak. Akan tetapi, untuk masyarakat yang tergolong menengah ke atas biasanya menggunakan benda-benda dari bahan keramik untuk peralatan rumah tangganya.

e.    Organisasi Sosial
Organisasi sosial di daerah ini cukup banyak, diantaranya : organisasi Muhammadiyah, NU, PNPM, kelompok tani, karang taruna, badko TKA/TPA, organisasi remaja masjid.

f.     Sistem Pengetahuan
Sistem pengetahuan pada masyarakat ini sudah tergolong bagus, indikasinya ialah sudah terdapat banyak sekolah dan banyak sarjana. Hal ini dipicu oleh letak geografis daerah ini yang dekat dengan pusat kota Yogyakarta sebagai kota pelajar/kota pendidikan.

g.    Bahasa
Masyarakat di daerah ini mayoritas menggunakan bahasa Jawa sebagai sarana berkomunikasi. Untuk golongan yang sederajat biasanya menggunakan bahasa Jawa Ngoko dan untuk golongan yang dianggap lebih tinggi derajatnya biasanya menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa kromo halus.

PERBANDINGAN
QURAISY SHIHAB
S.H. NASER
Kelebihan
Dari definisi ini dijelaskan tentang wujud keindahan dilihat dari teropong Islam dimana mengekspresikan keindahan alam, hidup, dan manusia secara menyeluruh sehingga menemukan kebenaran dan keindahan sesuai dengan fitrah. Dimana secara keseluruhan  berdasarkan pada asas-asas islam(al-quran,sunnah, hukum2 kontemporer dll)

Dari definisi ini dijelaskan bahwa seni budaya Islam  merupakan sebuah keterampilan ekspresi ide dan estetika yang mampu menciptakan ide, suasana/rasa yang merujuk pada Al-Qur’an
Kekurangan
Keluasannya membuat batasan antara yang boleh dan tidak boleh masih samar.

Hanya merujuk pada Al-Qur’an.




Rekomendasi kelompok kami yaitu lebih pada definisi Quraisy Shihab. Karena dalam definisi tersebut menjelaskan keluasan yang mendalam untuk mengekspresikan keindahan budaya Islam, memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk berekspresi dalam batas wajar sesuai dengan asas-asas Islam.

4 komentar:

  1. ooo iya analisis yang bagus-bagus... ooo iya kesenian jatilan tu yang bagaimana ya ?? soalya ditemaptku ga ada ???


    fajr

    BalasHapus
  2. kalo ditempatku kesenian jatilan itu sejenis kesenian tari tapi digabungin dengan yang berbau mistis, pada awalnya para penari menari dengan teratur dan dengan gerakan yang pelan mengikuti musik, tapi lama lama para penari akan menari tidak aturan krn mereka kerasukan roh halus..

    BalasHapus
  3. oooo bgtu ya,, ku pernah dengar tapi blm pernah menyaksikan ... mksh

    BalasHapus
  4. fajar> jatilan itu kesenian sejenis kuda lumping...sekarang uda banyak kok

    latifatunnisa> iya bener banget..itu uda tahu...tapi kesenian kuda lumping sekarang jarang diminati seperti dulu..sekarang kalah dengan televisi.

    della herawati

    BalasHapus