Kamis, 15 Maret 2012

islam dan seni kelompok 5


Mata Kuliah                : Pengembangan Seni dan Budaya PAI
Jenis Tugas                  : Kelompok (Kelompok 5)
Dosen Pengampu         : Ibu.Nur Saidah
Nama Anggota            :
  •              Lutfi Hermawan 
  •              Ulfiah Husni Anjari 
  •              Ahmad Fakhrurrozi 
  •               Khoirul Fauzi 
  •               Muh. Alim Kahfi
  •        Pamor Bayu Nuswantoro

  •    Bagaimana hubungan seni budaya dengan islam?

Hubungan antara seni budaya dengan islam ke-duanya sangat erat kaitanya, tidak dapat di pisahkan,  saling melengkapi. Dengan kata lain, pandangan Islam atas seni merupakan pandangan yang berangkat dari nilai-nilai universal manusia. Di dalam nilai-nilai itulah Islam memandang keindahan karya seni sebagai sesuatu yang harus mampu meningkatkan derajat, spritualitas, dan martabat rohani manusia yang sesuai dengan syariat Islam. Di sinilah universalitas nilai-nilai Islam dalam seni memisahkan dirinya dari parameter seni di luar Islam, sebagaimana tampak pada bentuk-bentuk seni Barat yang sekuler. Seni yang lahir dari pemisahan kebudayaan dan agama. Akulturasi berbagai bentuk seni Barat ke dalam kebudayaan umat Islam inilah yang telah membawa berbagai bentuk karya seni yang berlawanan dengan konsepsi Islam.
  •               Mengapa hubungan islam dengan seni sering tidak harmonis? Bagaimana solusinya?
Jika di lihat hubungan islam dan seni budaya sering kali tidak harmonis, sebagian banyak orang mengintepretasikan al-qur’an hanya secara tekstual, kurang kontekstual yang akibatnya agama islam di pelajari hanya sebagai doktrin semata, padahal kondisi dan budaya ketika al-quran di turunkan dan budaya pada saat ini sudah tentu berbeda. Oleh karena itu untuk supaya lebih efektif maka solusinya adalah dengan mengkontektualisasikan al-qur’an dalam pengintepretasi kanya supaya di antara keduanya bisa di satukan.
  •           Peran seni budaya bagi islam? Peran islam bagi seni budaya?
Seni budaya berperan penting bagi perkembangan agama islam karena memberikan ajaran sesuai dengan kondisi umat, sehingga masyarakat akan lebih mudah memahami islam jika di kaitkan dengan budaya umat islam tersebut. Dan juga sebaliknya, islam merupakan sumber inspirasi bagi sei budaya karena membimbing manusia dalam mengembangkan seni dan kebudayaan yang sesuai dengan norma islam dan tidak menyimpang dari ajaran islam yang telah di bawa sejak zaman nabi Muhammad SAW.
  •           Hubungan islam dan seni budaya, Apakah ada yang mendominasi? Mengapa?
Menurut kelompok kami  hubungan islam dan seni budaya tidak ada yang mendominasi, di karenakan saling melengkapi, adakalanya budaya itu yang mengikuti agama islam dan adakalanya agama islam juga mengikuti budaya. Ini sesuai dengan pengalaman dari anggota kelompok kami, yang berasal dari berbagai daerah dengan kebudayaan yang berbeda.   

1 komentar:

  1. mengkontektualisasikan al-qur’an dalam pengintepretasikanya supaya di antara keduanya bisa di satukan itu contohnya apa?

    BalasHapus