Kamis, 15 Maret 2012

Tanggapan Kelompok 4

  •  Aldila Siddiq H
  •  Diah Kumalasari
  •  Fajar Nurhidayat
  •  Mustafidatus
  •  Burhan Alimussirri
  •  Maherlina
1.    Hubungan islam dengan seni budaya
        Islam dengan seni budaya saling melengkapi satu sama lain. Islam tanpa seni budaya tidak akan bisa menyatu dengan masyarakat dari latar udaua non- islam, seginhha tidak akan mungkin masuk dalam lingkungan yang berbeda. Adanya sikap menerimandan terbuka antara pihak yang satu dengan yang lain, demikian halnya dengan islam dan budaya.
        Islam memberikan filter kepada seni budaya, sehingga seni budaya tidak menyimpang dari norma-norma agama atau norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Begitu juga sebaliknya budaya dapat membantu dalam menyebarkan agama kepada suatu masyarakat melalui media budaya yang ada pada masyarakat setempat.
         Dengan demikian setiap budaya ketika islam masuk dalam masyarakat tentunya sangat menerima atau terbuka, karena dalam ajaran islam terdapat nilai-nilai yang sama dengan budaya misalnya, di jawa luhur mengenal sistem gotong royong dalam masyarakatnya. Demikian halnya islam juga mengajarkan kerukunan dan sikap tolong menolong.

2.    Solusi hubungan Islam dengan seni yang sering tidak harmonis.
       Terkadang seni itu mengesampingkan nilai-nilai agama islam. Misalnya, ada beberapa nyanyian atau lagu-lagu yang maknanya jika dihayati dengan salah maka akan menjerumuskan seseorang kepada kemaksiatan. Pada dasarnya budaya dan seni itu berbeda, akan tetapi tidaklah keliru pula jika keduanya menyatu dalam realitas kegidupan msyarakat.
       Dari contoh diatas, solusi yang dapat ditawarkan adalah para seniman khususnya menciptakan seni yang berkaitan dengan lagu/ nanyian yang tidakmenyimpang dari norma islam, bahkan sebaliknya dapat mendorong para pendengar untuk melakukan kegiatan yang positif.

3.    Peran seni budaya dalam Islam
a.    Sebagai media dakwah, media pengembangan agama Islam. Misal, biasanya masyarakat di Jawa ketika ada hajatan atau syukuran diramaikan oleh seni-seni budaya setempat seperti wayang. Seni budaya wayang sangat kaya akan nilai-nilai agama islam. Sehingga dalam perkembangannya pagelaran wayang dapat menjadi media dakwah agama Islam yang mudah diterima masyarakat.
b.    Sebagai filter atau pembenteng seni budaya agar tidak menyimpang norma agama. Setiap kita setelah mengetahui peran seni budaya bagi Islam dan sebaliknya Islam bagi seni budaya adalah ikut serta dalam melestarikan budaya dengan tetap menjaga norma-norma agama.

4.    Antara Islam dan Seni budaya yang lebih daominan di Indonesia yang notabene multikultural adalah seni budaya.
        Misalnya di Jawa, seni budaya lebih mendominasi daripada agama Islam. Karena sebelum Islam datang seni budaya di Jawa sudah ada dan menjadi karakter/identitas masyarakatnya. Ketika Islam datang, Islam tidak serta merta memaksa untuk menjadi bagian dari masyarakat di Jawa ataupun menghilangkan seni budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam, akan tetapi Islam berusaha menyesuaikan seni budaya yang ada dan berkembang di Jawa dengan prinsip “al-’adatul muhkamah” yang dapat dijadikan dasar dalam memahami serta memadu antara adat kebiasaan / budaya masyarakat setempat dengan Islam itu sendiri.

2 komentar:

  1. pertanyaan buat kelompok ini contoh budaya yang lebih mendominasi agama islam ituap? kok dikatakan bahwa di jawa seni budaya lebih mendominasi daripada agama islam....

    BalasHapus
  2. kalau seni budaya lebih mendominasi daripada islam itu contohnya tahlilan, yasinan, dll. pokok ada akulturasi dimanakebudayaan jawa lebih dominan daripada islam. kalau budaya yang lebih mendominasi agama Islam adalah prosesi sungkeman yang terjadi setelah sholat idul fitri. walaupun budaya jawa ikut terlibat, tetapi esensi bermaaf- maafan sangat mendominasi.

    BalasHapus