Rabu, 28 Maret 2012

Resume Buku

Tugas Resume Buku
Nama         : Suharyanto
NIM         : 09410068
Sem / kelas     : VI / B
Makul         : Pengembangan Budaya dan Seni PAI

Judul : Spiritualitas dan Seni Islam
Penulis : Seyyed Hossein Nasr
Melihat sekilas aspek-aspek khusus seni Islam dari sudut pandang spiritualitas Islam dan berkaitan dengan prinsip-prinsip wahyu dalam islam. Sebuah eksposisi yang sistematis tentang filsafat islam mengenai seni maupun sejarah seni. Sebuah studi khusus mengenai sisi-sisi terpenting seni islam, yang meliputi sastra, music, dan seni plastis, di islam, bila filsafat seni dipahami dalam pengertian tradisionalnya sebagaimana yang dipergunakan oleh beberapa penulis. Seni Persia pu banyak diangkat dalam buku ini. Seni Persia melengkapi puncak kejayaan seni islam hamper disetiap bidang. Seni Persia disajikan dengan lengkap untuk memperlihatkan hubungan antara spiritualitas islam dan seni islam.
    Bila seseorang memandang dengan cermat berbagai manifestasi seni islam yang muncul dalam kurun waktu yang panjang, maka pertanyaan yang segera muncul adalah tentang sumber ajaran yang menyatukan seni ini. Apakah cikal bakal seni ini dan bagaimanakah sifat daasar dari ajaran yang pengaruhnya hampir tidak dapat disangkal lagi. Hubungan kausal antara wahyu islam dengan seni islam dibuktikan oleh hubungan organis antara seni dengan ibadah islam, antara kontemplasi tentang Tuhan seperti yang dianjurkan dalam qur`an dengan sifat kontemplatif dari seni.
    Islam terdiri dari hukum ilahi, jalan spiritual dan hakikat yang merupakan sumber baik hukum maupun jalan. Ia juga memiliki berbagai bentuk ilmu pengetahuan yang bersifat yuridis, teologis, filososif, dan esoteris yang berhubungan dengan dimensi-dimensi dasar ini. Ketika seseorang menganalisis islam dari perspektif ini, dia akan menyadari bahwa seni islam tidaklah memiliki sumbernya pada hukum ilahi yang menegaskan hubungan antara Tuhan dan manusia serta masyarakat pada tingkat perbuatan.
    Tak seorangpun yang dapat menemukan cikal bakal seni islam didalam ilmu-ilmu pengetahuan yuridis dan teologi, baik keduanya behubungan erat dengan hukum ilahi maupun masalah penegasan dan pembelaan prinsip-prinsip keimanan islam. Secara pribadi seorang teolog seperti al Ghazali telah menulis tentang keindahan. Beberapa yang ahli tentang hukum fiqh seperti Baha Al-Din al Amili bahkan membangun taman-taman yang indah, namun risalah-risalah tentang tentang teologi atau ilmu fiqh yang memberikan tentang masalah-masalah seni dan estetika islam tidaklah dikenal.
    Lebih lengkapnya lagi buku ini membahas mengenai: peran spiritual kaligrafi islam, prinsip kesatuan dan arsitektur suci islam, seni dalam kebudayaan persia yang termuat dalam seni dan kesucian. Dilanjutkan dengan sastra dalam islam yang banyak membahas tentang metafisika, logika, dan syair didunia timur, penerbangan burung-burung menuju Yang Maha Esa, jalal al-din Rumi: penyair dan sufi agung persia, rumi dan tradisi sufi. Dalam bidang musik, buku ini menjabarkan dengan panjang mengenai islam dan musik: pandangan-pandangan Ruzbahan baqli, pengaruh tasawuf terhadap musik persia tradisional. Sedang dalam seni plastis banyak membicarakan dunia imajinasi dan konsep ruang dalam miniatur persia, makna kehampaan dalam seni islam. Terakhir bahasan dalam buku ini adalah pesan spiritual seni islam yang menggambarkan tentang seni dan islam dengan lebih komphrehensif.

1 komentar:

  1. sederhana, tapi saya harap bermakna utk dibaca temen2 kelasqu yg baik hati.

    BalasHapus