Rabu, 29 Februari 2012

TUGAS KELOMPOK 6


Mata Kuliah                : Pengembangan Seni dan Budaya PAI
Jenis Tugas                  : Kelompok (Kelompok 6)
Dosen Pengampu        : Nur Saidah
Nama Anggota            :
1.      Rizman Munawar        (09410
2.      Ahmad Hawin                        (09410189)
3.      Laila Sangadah           (09410201)
4.      Nurul Setyono             (09410214)
5.      Pelangi Lutfiana          (09410215)
6.      Latifatun Nisa’            (09410227)
7.      Misbachul Munir         (09410

Unsur-unsur Budaya Universal
Budaya, merupakan suatu hal yang tidak pernah lepas dari sebuah masyarakat oleh karena budaya adalah hasil cipta, rasa dan karya dari masyarakat. Dalam menganalisa suatu kebudayaan (misalnya saja kebudayaan Minangkabau, Bali), seorang ahli antropolog membagi seluruh kebudayaan terintegrasi itu ke dalam unsur-unsur besar yang disebut ‘unsur-unsur kebudayaan universal’. Dalam hal ini oleh C. Kluckhohn menyebutkan 7 unsur kebudayaan universal, yaitu 1) Bahasa, 2) sistem pengetahuan, 3) organisasi sosial, 4) sistem peralatan hidup dan teknologi, 5) sistem mata pencarian hidup, 6) sistem religi dan 7) kesenian.
a.      Bahasa
Bahasa dialek yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Jawa. Bahasa jawa ini terdiri dari beberapa tingkat. Tingkat paling rendah adalah Jawa Ngoko, Jawa Alus dan Jawa Kromo Alus. Jawa ngoko digunakan sebagai dialog antar teman sebaya. Misal penggunaan kata” kowe” dan “aku”. Tingkat kedua adalah Jawa Kromo Alus . Bahasa ini digunakan sebagai dialog antara anak dengan orang tua/yang lebih tua. Misal penggunaan kata “kula”. Tingkat ketiga adalah bahasa Jawa Kromo Inggil. Bahasa digunakan sebagai dialog anak terhadap orang tua atau seseorang kepada orang yang disegani. Akan tetapi bahasa ini masih jarang digunakan digunakan oleh masyarakat Magelang.
b.      Kesenian
Berbagai macam kesenian terdapat di desa Salaman. Mulai dari seni kerajinan, seni pertunjukan, dan sebagainya. Diantara seni kerajinan yang ada yakni kerajinan bambu (sering disebut seni anyam). Hasil kerajinan ini berupa keranjang, kipas, kepang (alas menjemur gabah), gedhek (dinding bambu), kurungan ayam, dsb. Proses pembuatannya tidak begitu rumit, hanya saja memerlukan ketelatenan yang khusus.
c.       Agama
Desa Salaman tergolong daerah muslim, dikarenakan 95% penduduk Salaman beragama Islam, sementara 5 % nya penganut Katholik.
d.      Pengetahuan
Sistem pengetahuan masyarakat Salaman sudah tergolong modern. Hal ini disebabkan banyaknya anak-anak ang sudah mengenyam pendidikan memenuhi standar WAJAR. Beberapa orang juga melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.
e.       Organisasi Sosial
Organisasi sosial yang ada di desa Salaman antara lain Karang Taruna sebagai wadah bagi kreativitas para pemuda; PKK sebagai wadah bagi para ibu-ibu dalam musyawarah, diskusi perekonomian; Muslimatan sebagai wadah bagi para ibu-ibu dalam melakukan kajian agama Islam.
f.        Peralatan Hidup
Sistem peralatan hidup masyarakat Salaman sudah cukup modern. Banyak ibu rumah tangga yang menggunakan kompor, alat membajak sawah menggunakan traktor, teknologi dan informasi telah memadai.
g.      Mata Pencaharian
Sebagian besar masyarakat Salaman bermata pencaharian sebagai buruh, pegawai negeri (guru, polisi, kepala sekolah, dsb), petani, dan pedagang.

Seni Menurut Pandangan Quraish Shihab Dan Seyyed H. Naser
Menurut Quraish Shihab, seni merupakan ekspresi ruh dan budaya manusia yang mengungkapkan keindahan. Ia lahir dari sisi terdalam manusia didorong oleh kecenderungan seniman. Dorongan tersebut merupakan naluri atau fitrah manusia yang dianugerahkan Tuhan kepada hamba-hamba-Nya. kemampuan berseni merupakan salah satu perbedaan manusia dengan makhluk lain. Agama mendukung kesenian selama penampilannya mendukung fitrah dan lahir manusia yang suci. Dan karena itu pula agama bertemu dengan seni dalam jiwa manusia.
Menurut Seyyed Hossein Nasr, seni merupakan hasil dari pengejawantahan Keesaan pada bidang keanekaragaman. Artinya seni Islam sangat terkait dengan karakteristik-karakteristik tertentu dari tempat tertentu dari tempat penerimaan wahyu Al-Qur’an yang dalam hal ini adalah masyarakat Arab. Jika demikian, bisa jadi seni Islam adalah seni yang terungkap melalui ekspresi budaya lokal yang senada dengan tujuan Islam. Sementara itu, bila  kita merujuk pada akar makna Islam yang berarti menyelamatkan ataupun menyerahkan diri, maka bisa jadi yang namanya seni Islam adalah ungkapan ekspresi jiwa setiap manusia yang termanifestasikan dalam segala macam bentuknya, baik seni ruang maupun seni suara yang dapat membimbing manusia ke jalan atau pada nilai-nilai ajaran Islam.
            Dari kedua pendapat mereka mengenai pengertian seni, kelompok kami lebih cenderung menyetujui definisi seni menurut Quraish Shihab. Karena agama adalah seni. Dan untuk mengenal agama, dibutuhkan seni yang tumbuh fitrah dalam diri manusia. Dengan adanya seni yang ada dalam diri manusia, manusia mampu memilih keindahan mana yang sesuai dengan agamanya. Sehingga, seni sendirilah yang menyesuaikan dengan agamanya bukan agama yang menyesuaikan dengan seni. 

PEMBAGIAN KELOMPOK

KELOMPOK 1 PERTEMUAN 12
 1. A. Mubarak
•2. Sri Sunarti
•3.Novan
•4. Qisti
•5. Yhulis
•6. Della
KELOMPOK 2 PERTEMUAN 12
1. Lutviana
•2. Suharyanto
•3. Imawati
•4. Hikmatul A
•5. Maisaroh
•6. Fajar Nur
•7. Laila (klas A)
  KELOMPOK3 PERTEMUAN 13
1. Sabilla
•2. Ridwan
•3. Tyas Akbar
•4. Mansur
•5. Andi
•6. Barid
 KELOMPOK4 PERTEMUAN 13
1. Aldila 
•2. Diah Kumala 
•3. Fajar H 
•4. Mustafid 
•5. Burhan 
•6. Maherlina
 KELOMPOK5  PERTEMUAN 14
1. Lutvi Irmawan  
•2. Ulfiah 
•3. Ahmad 
•4. Khoirul Fauzi 
•5. M. Ali Kahfi 
•6. Pamor
KELOMPOK6  PERTEMUAN 14
1. Risman
2. Ahmad Hawin
3. Laila Sangadah
4. Nurul S
5. Pelangi
6. Latifatun
7. Misbakhul M
PETUGAS & PENANGGUNGJAWAB BLOG
Fajar Nur Rohmad 
A.Mubarok
Suharyanto 
Akbar
Burhan 
Kahfi 
Nurul s 
Mohon kerja sama dan bantuannya teman-teman

TUGAS PERDANA

Kelompok 2
Anggota     :
1.    Lutfiana
2.    Suharyanto
3.    Imawati
4.    Hikmatul Agnia
5.    Maisaroh
6.    Fajar Nur R
7.    Lailia
 Pertanyaan
1.    Uraikan tujuh Unsur budaya dalam suatu masyarakat dalam kelompok..
2.    Berdasarkan  pengertian seni budaya islam penggertian menurut Quraish Shihab dan Seyyed hossein Nasr (kelebihan dan kekurangan)  dan rekomendasi kelompok…
Jawab

1.    7 unsur kebudayaan yang menjadi bahan diskusi kami adalah di daerah Kamalan, Giriwoyo, Wonogiri. Kamalan merupakan daerah pegunungan yang berada di kabupaten Wonogiri.
a.    Kesenian
Terbangan (Tjandranala namanya) untuk usia tua
Dangdut (tjandranala) untuk usia remaja dan pemuda
b.    Sistem religi
Mayoritas muslim
Muslim normative jawa (yang terakulturasi dengan adt dan budaya jawa)
Muslim yang tidak mempertahankan budaya lokal
Minoritas Kristen Katholik
c.    Sistem mata Pencaharian
Petani, buruh, (tukang kayu, gerabah, tukang bangunan), PNS, Guru swasta, Pegawai bank,Wiraswasta
d.    Sistem pertalatan
Pawon yang massih digunakan walaupun juga dah ada yang pakai kompor gas dll, kering, cangkul, arit, padasan buat wudhu, pratolan buat temapat ronda
e.    Organisasi sosial
Adanya RT, RW, Remaja masjid, Karang Taruna (setia taruna), Kelompok tani(pangudi Raharjo), TPA. Takmir, Arisan ibu-ibu dan posyandu
f.    Sistem Pengetahuan 
      SD
      SMP ( Mayoritas )
      SMEA
      Sarjana (Minoritas)
g.    Bahasa
Jawa  kebanyakan ngoko alus
Jawa karma  biasanya digunakan dalam acara pernikahan
Indonesia
2.    Pengertian seni budaya islam penggertian menurut Quraish Shihab dan Seyyed hossein Nasr (kelebihan dan kekurangan)

2. Tokoh  yang berpendapt tentang kesenian                                                                              
1.    Quraish Shihab   
Kelebihan
Lebih bebas  karena tidak terikat  dengan sesuatu    
Kekurangan
Kurang menyentuh /merespon  local wisdom      
2.    Seyyed hossein Nasr  
Kelebihan 
Merespon local  wisdom
Inovatif, dan kreatif
Pegangan jelas yaitu alquran dan hadist                                      
Kekurangan 
Dibatasi oleh pranata tertentu   
 
Menurut  kelompok kami  dari  pemaparan tentang  7 unsur kebudayaan yang berada  di kamalan serta menurut kelompok kami lebih merujuk  pada pemikiran Seyyed Hosein Nasr.


data gambar : 









 salah satu mata pencaharian : pertanian di daerah kamalan





Patrolan (Poskampling)......

Senin, 20 Februari 2012

NB :

oooo iya teman teman2ku SAP dan bahan mata kuliah tadi ku copykan dari PAI D insya Allah sama, dosenya sama kok... maaf ya teman2 ku soalnya blm  bisa menguasai IT,,, ntr tak belajar yang ke lebih bisa  IT... maaf ya teman2..
kalu mau lihat kiriman aslinya di email  snbpaib@gmail.com passwordya 09410087







SAP DAN BAHAN KULIAH

INFORMASI

assalamu'alaikum wr wb

Teman2 ku Pai B yang saya hormati n sayangi ada informasi nie.  ...
Mata Kuliah Pengembangan Seni dan Budaya dalam Pendidikan Agama Islam dengan Dosen Pengampu  Ibu Nur Saidah, S.Ag.,M.Ag.
silahkan mengisi  blog ini...dengan menyertakan nama dan nim ketika ingin posting.
adapun   alamat E-mail & Paswordnya
snbpaib@gmail.com
09410087 

itu dulu informasinya ......

Wassalamu'alaikumsalam wr wb
Ketua Kelas



Jumat, 17 Februari 2012

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan pembuatan  blog ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin pembuatan  tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Blog ini dibuat guna mempermudah dalam  pembelajaran pengembangan  budaya dan seni PAI khususnya kelas PAI B umumnya untuk semua.
Semoga dengan adanya blog  ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.